Selasa, 09 Oktober 2012

Perawatan Sistem Pengisian



Tips


  1. Parts Alternator yang memerlukan penggantian setiap 5 – 8 tahun adalah IC Regulator, Silicon Rectifier (diode) dan Bearings, jangan tunggu sampai rusak, karena kerusakan akan merambat ke gulungan Stator, jangan memakai IC dan diode copotan, harganya tak beda jauh dengan parts generic baru, brush sudah termasuk dalam IC Regulator set. Jika gulungan Stator rusak akan susah memperbaikinya.
  2. Service starter setiap 5 tahun, bersihkan dan greasing, ganti Solenoid (Switch Magnetic), periksa Brush dan periksa bantalan metal (armature bearing).
  3. Jangan memakai bulb lampu depan dengan Watt terlalu besar, reflector akan menjadi kuning karena panas, pakailah bulb dengan Watt standard tetapi intensitasnya tinggi atau gunakan bulb HID.
  4. Bersihkan konektor-konektor, terutama ke arah mesin dengan Contact Spray buatan Philips, jangan memakai penetrant (WD-40) yang membuat plastic rapuh.
  5. Jangan memakai accu dalam kondisi tekor terlalu lama, karena akan merusak alternator, umur efektif accu sekitar 2 – 3 tahun, sebelum tekor, tukar tambahkan accu.
  6. Periksa level air accu (untuk accu tipe basah) setiap minggu, jika kurang, tambah aquadest (tutup botol biru) sesuai level.
  7. Jika memakai peralatan audio berkapasitas besar, kapasitas accu juga harus diperbesar agar kerja alternator lebih ringan.
  8. Perhatikan kebersihan terminal dan sekitar tempat accu.
  9. Saat membeli accu tipe basah, isilah dengan accuzuur botolan (tutup botol merah), accuzuur dari drum biasanya kurang bersih, dianjurkan Accuzuur buatan Yuasa atau Cap Singa.
  10. Accu tipe Hybrid adalah paling optimum untuk kondisi Indonesia, Accu Hybrid GS sudah terisi acuuzuur dari pabrik dan siap pakai, saat beli perhatikan “charging date” yang disablon di bagian atas accu.
  11. Jika ingin terbebas dari merawat accu, bisa memakai accu MF, pilih yang memiliki desain dengan lapisan calcium di plat (+) dan (-). Perhatikan juga charging date-nya
DAFTAR SERVICE DAN PARTS YANG DIBUTUHKAN

SERVICEDETAILPARTSINTERVALKETERANGAN
Service Alternator5 – 8 thBersihkan 
Ganti IC regulator & silicon diodeIC regulator (sudah berikut brush), silicon diode
Ganti Bearing SetBearing Set
Service Starter5 – 8 thBersihkan, Greasing
Ganti Solenoid (Magnetic Switch)Solenoid (Magnetic Switch) 
Ganti Metal BearingMetal BearingCheck
Ganti BrushBrushCheck

DAFTAR MASALAH, KEMUNGKINAN PENYEBAB & PENANGANANNYA

GEJALAKEMUNGKINAN PENYEBABPENANGANAN
Tidak Bisa Start atau susah startSolenoid atau Switch Magnetic ausOH, ganti
Brush Starter AusOH, ganti
Bearing Starter ausOH, ganti
Accu tekorCharge atau ganti
Fuel Pump tak bekerja karena coupler terlepas atau motor matiPerbaiki atau ganti 
Stelan pengapian (tipe dengan distributor manual ) terlalu majuStel 
ALTERNATOR
Indicator CHG menyala saat berjalanIC regulator rusak, Silicon Diode rusak, Gulungan Stator rusak. Accu yang sudah tekor tetapi dipaksakan untuk dipakai menyebabkan panas berlebihan dan merusak komponen tersebutOH, Perbaiki, Ganti 
Noise, DengungBearing ausOH, ganti
Alternator ShortBeberapa tipe mobil posisi pompa power stering di atas alternator, jika bocor maka ATF yang menetes ke alternator dapat menyebabkan short, secara rutin periksa kondisi pompa power steeringOH, Perbaiki, Ganti 
METER
Meter bensin tidak bekerjaFloat Gauge rusakGanti
Meter bensin tidak tepatFloat Gauge kotorOH, Bersihkan
Speedometer tak bekerjaSalah pemasangan speed sensorPeriksa, perbaiki
Speed sensor aus bagian ujung berputar & menyebabkan kabel shortGanti 
Auto Antenna tak berfungsiSambungan lepasPerbaiki
Relay rusakPerbaiki atau ganti
Motor Antena rusakGanti
Gigi-gigi rusakGanti
Kerusakan Wiper
TersendatMotor Brush kotor atau ausBersihkan
SeretBantalan lengan kurang pelumasLumasi
Masalah Power Window
Tidak menyalaBrush motor aus atau motor rusakPerbaiki atau ganti
Kaca tidak normal jalannyaRail putus atau melesetPerbaiki atau Ganti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar