- Parts Alternator yang memerlukan penggantian setiap 5 – 8 tahun adalah IC Regulator, Silicon Rectifier (diode) dan Bearings, jangan tunggu sampai rusak, karena kerusakan akan merambat ke gulungan Stator, jangan memakai IC dan diode copotan, harganya tak beda jauh dengan parts generic baru, brush sudah termasuk dalam IC Regulator set. Jika gulungan Stator rusak akan susah memperbaikinya.
- Service starter setiap 5 tahun, bersihkan dan greasing, ganti Solenoid (Switch Magnetic), periksa Brush dan periksa bantalan metal (armature bearing).
- Jangan memakai bulb lampu depan dengan Watt terlalu besar, reflector akan menjadi kuning karena panas, pakailah bulb dengan Watt standard tetapi intensitasnya tinggi atau gunakan bulb HID.
- Bersihkan konektor-konektor, terutama ke arah mesin dengan Contact Spray buatan Philips, jangan memakai penetrant (WD-40) yang membuat plastic rapuh.
- Jangan memakai accu dalam kondisi tekor terlalu lama, karena akan merusak alternator, umur efektif accu sekitar 2 – 3 tahun, sebelum tekor, tukar tambahkan accu.
- Periksa level air accu (untuk accu tipe basah) setiap minggu, jika kurang, tambah aquadest (tutup botol biru) sesuai level.
- Jika memakai peralatan audio berkapasitas besar, kapasitas accu juga harus diperbesar agar kerja alternator lebih ringan.
- Perhatikan kebersihan terminal dan sekitar tempat accu.
- Saat membeli accu tipe basah, isilah dengan accuzuur botolan (tutup botol merah), accuzuur dari drum biasanya kurang bersih, dianjurkan Accuzuur buatan Yuasa atau Cap Singa.
- Accu tipe Hybrid adalah paling optimum untuk kondisi Indonesia, Accu Hybrid GS sudah terisi acuuzuur dari pabrik dan siap pakai, saat beli perhatikan “charging date” yang disablon di bagian atas accu.
- Jika ingin terbebas dari merawat accu, bisa memakai accu MF, pilih yang memiliki desain dengan lapisan calcium di plat (+) dan (-). Perhatikan juga charging date-nya
DAFTAR SERVICE DAN PARTS YANG DIBUTUHKAN
SERVICE | DETAIL | PARTS | INTERVAL | KETERANGAN |
Service Alternator | 5 – 8 th | Bersihkan | ||
Ganti IC regulator & silicon diode | IC regulator (sudah berikut brush), silicon diode | |||
Ganti Bearing Set | Bearing Set | |||
Service Starter | 5 – 8 th | Bersihkan, Greasing | ||
Ganti Solenoid (Magnetic Switch) | Solenoid (Magnetic Switch) | |||
Ganti Metal Bearing | Metal Bearing | Check | ||
Ganti Brush | Brush | Check |
DAFTAR MASALAH, KEMUNGKINAN PENYEBAB & PENANGANANNYA
GEJALA | KEMUNGKINAN PENYEBAB | PENANGANAN |
Tidak Bisa Start atau susah start | Solenoid atau Switch Magnetic aus | OH, ganti |
Brush Starter Aus | OH, ganti | |
Bearing Starter aus | OH, ganti | |
Accu tekor | Charge atau ganti | |
Fuel Pump tak bekerja karena coupler terlepas atau motor mati | Perbaiki atau ganti | |
Stelan pengapian (tipe dengan distributor manual ) terlalu maju | Stel | |
ALTERNATOR | ||
Indicator CHG menyala saat berjalan | IC regulator rusak, Silicon Diode rusak, Gulungan Stator rusak. Accu yang sudah tekor tetapi dipaksakan untuk dipakai menyebabkan panas berlebihan dan merusak komponen tersebut | OH, Perbaiki, Ganti |
Noise, Dengung | Bearing aus | OH, ganti |
Alternator Short | Beberapa tipe mobil posisi pompa power stering di atas alternator, jika bocor maka ATF yang menetes ke alternator dapat menyebabkan short, secara rutin periksa kondisi pompa power steering | OH, Perbaiki, Ganti |
METER | ||
Meter bensin tidak bekerja | Float Gauge rusak | Ganti |
Meter bensin tidak tepat | Float Gauge kotor | OH, Bersihkan |
Speedometer tak bekerja | Salah pemasangan speed sensor | Periksa, perbaiki |
Speed sensor aus bagian ujung berputar & menyebabkan kabel short | Ganti | |
Auto Antenna tak berfungsi | Sambungan lepas | Perbaiki |
Relay rusak | Perbaiki atau ganti | |
Motor Antena rusak | Ganti | |
Gigi-gigi rusak | Ganti | |
Kerusakan Wiper | ||
Tersendat | Motor Brush kotor atau aus | Bersihkan |
Seret | Bantalan lengan kurang pelumas | Lumasi |
Masalah Power Window | ||
Tidak menyala | Brush motor aus atau motor rusak | Perbaiki atau ganti |
Kaca tidak normal jalannya | Rail putus atau meleset | Perbaiki atau Ganti |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar